Copyrights @ Journal 2014 - Designed By Templateism - SEO Plugin by MyBloggerLab

19 Januari 2015

, , , , , ,

Amazing Island, Gili Labak!

Gili Labak.
Dua kata yang terdengar asing di telinga. Kalau dengar kata "gili" memang identik dengan Lombok seperti Gili Trawangan, Gili Meno, Gili Air dll tapi Gili Labak ini berada jauh dari Lombok. Madura. Iya, Madura tepatnya di Sumenep merupakan tempat keberadaan pulau Gili Labak yang indah ini. Suatu pulau kecil yang sangat indah serta bebas dari polusi dan hanya dihuni sekitar 30an kepala keluarga.

Rencana buat trip ke pulau kecil ini udah beberapa bulan lalu sebelum pergi ke Kawah Wurung tapi baru kesampaian bulan Oktober 2014. Kali ini pergi sama temen yang kemarin pergi ke kawah Wurung ditambah temen dari Malang juga.

Berangkat dari Malang jam 5 pagi menuju ke Terminal Bungurasih di Surabaya buat janjian sama temen-temen yang lain. Rencana  sih jam 7an berangkat ke Sumenep tapi karena ada kendala kendaraan yaitu ELF yamg disewa ga bisa dipakai jadilah ada beberapa teman yang terpaksa naik bus menuju Sumenep. Jadi ada 2 mobil dan sisanya naik bus. Baru sekitar jam 9 dan semua masalah teratasi barulah melanjutkan perjalanan menuju Sumenep. Untuk ke Madura bakalan melewati jembatan Suramadu, keren juga jembatan ini. Dari jembatan ini menuju ke Sumenep membutuhkan waktu sekitar 4 jam. Sekitar jam 1 siang sampai juga di Sumenep, istirahat bentar dan makan siang dulu. Kemudian menjemput teman yang berangkat menggunakan bus di terminal dan menunggu Elf yang disewa dari Sumenep.

Setelah siap semua maka kembali melanjutkan perjalanan menuju pelabuhan Kalianget buat nyebrang ke Pulau Talango. Jadi kalau mau ke Gili Labak bisa langsung dari Pelabuhan Kalianget dan langsung naik perahu menuju Gili Labak tapi butuh waktu sekitar 2 jam perjalanan laut. Bisa juga melewati Pulau Talango, dari Pelabuhan Kalianget nyebrang sekitar 5 menit menggunakan tongkang yaitu semacam perahu agak gede yang bisa mengangkut kendaraan juga terus nyebrang ke Gili Labak dari Talango. Setelah nyebrang ke Talango masih butuh waktu 30 menit perjalanan darat untuk sampai ke tempat penyeberangan di Talango terus baru nyebrang pake perahu nelayan dan membutuhkan waktu sekitar 1 jam untuk sampai di Gili Labak. Jadi terserah mau milih rute yang mana untuk mencapai Gili Labak.

Rencananya mau nyebrang ke Gili Labak sore jadi bisa menikmati sunset yang indah disana tapi keadaan berkata lain. Kesasar. Iya salah ngambil jalan dan kesasar di Talango jadi waktu yang seharusnya Cuma 30 menit udah sampai tempat nyebrang jadi molor berjam-jam. Bahkan hari sudah beranjak gelap kita masih di Talango, gagal menikmati sunset di Gili labak.

Oke lah kami masih merelakan sunset yang indah itu tapi ternyata ada masalah lagi yang harus kami hadapi. Pak sopir di Elf yang kami sewa ga mau melanjutkan perjalanan karena jalanya memang turun dan curam banget jadi dia ga berani. Terpaksa teman kami yang berada di Elf harus jalan kaki, yang naik mobil sendiri juga jalan kaki karena memang serem jalanya mana udah malam lagi. Untung aja udah mau sampai tempat penyeberangan jadi jalan ga terlalu jauh.

Perjuangan kami berat banget ya, udah dari Surabaya Elf ga bisa dipakai jadi harus ada yang naik bus, kesasar di Talango dan terpaksa jalan kaki juga. Ternyata perjuangan itu belum usai, kami harus nyebrang ke Gili Labak menggunakan perahu nelayan di tengah kegelapan malam. Di laut ga keliatan apa-apa, ombaknya besar dan anginya juga besar. Kami sudah seperti imigran gelap yang naik kapal tengah malam untuk mencari suaka. Rasanya serem berada diatas kapal seperti itu, mulut komat-kamit mengucap mantra(DISETRIP) doa dan rasanya udah pasrah. Pikiran udah ga jelas, mikir kalau kapalnya terbalik gimana, apa yan harus dilakuin, gimana ntar keluarga di rumah, pokoknya mikirnya udah negatif aja. Tapi kami selamat tiba di Gili Labak tanpa kurang satu apapun.

Sampai Gili Labak ya udah gelap, ga tau indahnya pulau ini. Jadilah kami segera mencari tempat untuk mendirikan tenda. Kami sudah lelah hari ini, fisik dan emosi diuji. Setelah tenda berdiri kami makan malam bersama lalu semuanya tertidur dengan lelap karena sudah lelah.
Akhirnya pagi juga, akhirnya bisa tau indahnya Gili Labak ini. Pasirnya putih dan lembut, lautnya biru dan udaranya bebas polusi. Gili Labak seperti pulau pribadi, sepi banget disini, damai. Pulau ini ga gede jadi kita bisa berjalan memutari pulau ini dan ga bakalan kerasa capek karena pemandanganya emang keren banget. Ada yang foto-foto, main pasir, tidur-tiduran, sarapan dan ada juga yang snorkeling.

Warga asli pulau ini juga baik kok walaupun ga kenal sama kita. Waktu pagi hari menikmati sunrise dan jalan mengitari pulau saya ketemu seorang nenek dan beliau menyuruh untuk mampir rumahnya dan siang hari setelah kami membersihkan diri di dekat rumah warga ada bapak dan ibu yang memberi kami degan gratis. kalau sudah puas main di pantai jangan bingung untuk membersihkan badan, disekitar rumah warga ada sumur dan ada kamar mandi ya walaupun airnya payau, yang penting kan airnya ga asin dan badan jadi ga lengket.

Ga bakalan ada ruginya deh mengunjungi Gili Labak. Semuanya indah dan penduduk asli sana juga ramah. Setelah puas main dan menikmati keindahan pulau cantik ini, sekitar jam setengah 1 kami kembali menyebrang ke Talang. Perjalanan tengah hari gini panas banget dan berhubung kami semua capek jadinya semua tertidur diatas kapal.

Sampai di Talango kami beristirahat dulu di rumah warga sambil menunggu Elf yang datang menjemput. Sudah 1 jam kami menunggu Elf tak kunjung datang dan ternyata karena satu dan lain hal Elf bisa menjemput tapi sangat telat. Untuk kita ada menyewa pickup perjalanan menuju pelabuhan untuk menyeberang ke Kalianget. Jadi lagi-lagi kita harus bermasalah dengan Elf.

Tiba di Kalianget sudah gelap. Kemudian kami mencari indomaret untuk istirahat sebentar, membeli beberapa makanan dan minuman serta pamitan kepada teman-teman karena harus berpisah disini. Saya dan teman-teman yang berasal dari Malang harus pulang dulu sedangkan teman-teman yang lain kembali ke Surabaya.

Perjuangan untuk mencapai Gili Labak memang berat kali ini tapi perjalanan ini penuh dengan cerita. Terima kasih teman-teman semua, kalian semua luar biasa. See you next trip guys!! :D

1. Balasan
    1. kemarin waktu kesana dapet harga 500 ribu per kapal. nyebrang dari talango, lebih cepet sampainya daripada nyebrang dari kalianget :)

Hapus
    2. Itu dengan kapasitas berapa orang?
      Punya contact personnya yang punya kapal gak?
      Kalo dari kalianget ke talango berapa kapalnya?
      Terima kasih sebelumnya :)

Hapus
    3. Mbak mas saya asli penduduk pesisir desa kombang talango sumenep madura. Banyak wisatawan yg berangkat dari desa saya dan menyewa perahu perjalanan dari desa saya ke gili labak ga nyampe 1jam klau ga ada ombak. Bisa juga lgsung brgkt dr pelabuhan kalianget tapi perjalanannya 2.5 jam dan perahunya kecil. Klo daerah saya perahunya besar2 bisa muat 20 orng. Makanan dan air bersih sekaligus penginapan bisa kami sediakan. Rata2 biaya perahu 700ribu pp. Bisa hubungi saya langsung 087750066266 pin BB 24ED643A

2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

3. Utk informasi tentang gili labak biaya dan penginapan bisa hubungi saya, kebetulan rumah saya dipesisir desa kombang pulau poteran, langsung berhadapan dg pulau gili labak, jarak tempuh lebih cepat sekitar 1 jam perjalanan dan biaya lebih murah. Tiap minggu banyak wisatawan yg berangkat dari rumah karena jarak tempuh lebih cepat. Untuk yang lebih simple berangkat dari pelabuhan kalianget dengan biaya yang lebih mahal dan jarak tempuh sekitar 2-3jam
    Pin BB: 24ED643A 51C5955A
    No HP : 087750066266 / 083807163506

#untuk BBM sinyal terkadang tidak mendukung bisa langsung hubungi nomer ponsel

4. Penyebrangan dari desa Kombang dengan melakukan 2x penyebrangan penyebrangan pertama untuk mobil 25rb motor 5rb dengan waktu penyebrangan 10menit menggunakan kapal feri ke pulau poteran lalu melakukan perjalanan dgn menggunakan mobil/motor menuju desa kombang sekitar 30menit,penyebrangan dari desa kombang sangatlah dekat dgn memakan waktu 1 jam
    Tarif penyebrangan ke gili labak
    1-5org 450-600
    6-10org 600-650
    11-15org 650-700
    16-20org 750-800
    21-25org 900-1jt
    25-30org 1jt-1,2jt
    #Harga sewaktu-waktu bisa berubah tergantung cuaca
    #untuk sewa senorkel 40-50rb/org tergantung banyaknya orangnya

5. Saya sudah ke Pulau Gili Labak sama temen2 plat-m blogger madura, memang bagus pantai serta terumbu karangnya.. recomendedd.. ;)

6. Jadi ngiri, apalagi bisa bermalam di gili labak. Sesungguhnya kenikmatan tuhan itu saat bisa melihat sunset dan sunrise di pulau yang sepi anan indah.

Terimakasih sudah berkunjung ke madura, jangan kapok

7. Mount Bromo Tour Package Singapore Anda Malaysia is a tour package to Mount Bromo that we design specifically for Malaysian and Singaporean tourists who want a vacation to Mount Bromo from your country. Also included are various other interesting combinations of East Java tour packages such as Malang tour packages, Batu City, Banyuwangi tour packages, Surabaya City tour and other interesting tourist attractions in East Java